Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-Tanda Email Phishing

 


Anda pasti telah menerima salah satu email yang tidak dikenal dan menyertakan tautan dan file yang mencurigakan. Jika Anda pernah menemukan email serupa, jangan klik konten mereka karena mungkin email phishing.

Sebelum masuk lebih dalam, mari kita jelaskan secara singkat apa itu email phishing. Singkatnya, ini adalah upaya penipuan yang dilakukan melalui email. Umumnya, penyerang bertujuan untuk memanipulasi penerima email untuk membagikan informasi pribadinya, seperti nomor telepon, nomor rekening bank, informasi kartu kredit, dan beberapa upaya penipuan lainnya yang mungkin meminta alamat fisik.

Email serupa biasanya meminta untuk mengklik lampiran atau tautan yang disalin ke email. Setelah Anda mengunduh file atau mengklik tautan, perangkat Anda akan terinfeksi perangkat lunak berbahaya atau mengarahkan Anda untuk mengisi formulir yang digunakan untuk mengumpulkan data Anda.

Mencegah serangan serupa bukan tidak mungkin, tetapi perlu memperhatikan apa yang Anda klik dan memeriksa sumber alamat email, selain beberapa tips lain yang dapat Anda ikuti untuk mencegah serangan serupa.

Bagaimana Mendeteksi Email Phishing?

Menurut pakar Some.com  , Anda bisa mengetahui apakah sebuah email merupakan email phising dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Untuk mendapatkan kepercayaan Anda, email phishing sering kali disamarkan atas nama organisasi resmi atau berpura-pura menjadi cabang perusahaan internasional, terutama bahwa pengguna internet biasanya memercayai serangan serupa. Dengan kata lain, jika Anda menerima email dari perusahaan terkemuka, Anda akan terburu-buru untuk membukanya dan menemukan isinya.
  • Email yang tidak Anda kenali; jika Anda menghubungi perusahaan atau seseorang yang Anda kenal, setidaknya Anda akan mengenali alamat email mereka. Jika tidak, itu adalah iklan atau penipuan.
  • Email yang ditulis dengan buruk: Setelah email memiliki banyak kesalahan tata bahasa dan ejaan, itu mungkin penipuan. Organisasi dan perusahaan tidak akan mengirimi Anda email sebelum memeriksa apakah email tersebut ditulis dengan baik dan menunjukkan keseriusan perusahaan.
  • Email yang membutuhkan tindakan segera biasanya menjadi cemas tentang email serupa dan terburu-buru menyelamatkan hari dengan mengklik tautan yang disediakan. Sayangnya, sebagian besar email tersebut dikirim untuk mendapatkan informasi pribadi Anda.
  • Perusahaan yang sah akan mengetahui nama Anda, ini mungkin bukan salah satu cara paling andal untuk mendeteksi upaya phishing, tetapi Anda dapat memeriksanya untuk keamanan yang lebih baik. Email phishing akan menggunakan salam umum, seperti “anggota kami yang berharga” atau “Klien yang terhormat”.

Anda dapat menghindari menjadi korban phishing dengan memperhatikan apa yang Anda klik saat memeriksa email dan membaca email dengan cermat sebelum mengunduh lampiran apa pun; itu hanya karena mereka mungkin penipuan.

Kami juga merekomendasikan penggunaan perangkat lunak keamanan tepercaya untuk melindungi perangkat Anda dari semua jenis serangan siber, termasuk malware, ransomware, dan virus. Selain itu, Anda dapat menginstal perangkat lunak antivirus yang andal  untuk mendapatkan pemberitahuan setiap kali seseorang mencoba mendapatkan informasi pribadi Anda atau jika ada upaya peretasan. Kabar baiknya juga bahwa antivirus yang baik akan segera menghilangkan segala kemungkinan ancaman sebelum berdampak pada perangkat Anda.

Posting Komentar untuk "Tanda-Tanda Email Phishing"